Sunday 30 September 2007

Kawasaki Disease - Penyakit Langka

Subject: [hardrockfm] Sedikit tentang Kawasaki Disease (KD) - Penyakit Langka
From: "Lina R"
Date: Wed, September 26, 2007 12:53 pm

Guys, gw denger penyakit ini udah cukup lama dr sahabat gw yg bermukim di Sydney Aussie. Anaknya sempat terkena penyakit KD ini. Memang penyakit langka, ada 5000 anak/thn yg terkena penyakit ini. Tahun ini wabah penyakit ini sedang menyerang Jakarta, 2 org keponakan gw sudah terkena penyakit ini. Be careful ya para ortu. Jgn smp telat penanganannya.

Dear all parents,
Saya seorang , ibu dari Grace (8 th). Saya mau sekedar sharing dgn temen2 semua tentang **Kawasaki Disease (KD).** *
*Tanggal 4 Juli, Grace mengidap KD. *

*Ceritanya begini :** *

Pada hr 1 Grace panas tinggi (39 derajat) dan tidak turun2 sehingga sy bw ke RS GM (jkt barat) tetapi pada waktu itu dokter sedang ada seminar di bdg sehingga yang ada hanya dokter jaga, kata dokter hanya virus biasa n diberi obat tapi keesokan harinya masih panas tinggi dan keluar bercak2 merah seperti campak, lidah & matanya juga merah. *

*Saya bawa lagi ke RS, dikasih obat penurun panas yang dimasukkan ke dalam anus tetapi panasnya juga tidak turun, saya telp ke dokter langganannya dan kebetulan besoknya dia sudah ada di jkt. *

*Keesokannya saya bawa dia ke dokter tsb, dokter bilang ini ada ciri2 ke KD ini tapi belum pasti karena harus ditest, malemnya Grace diopname. *

*Setelah ditest, kata dokter infeksi saluran kencing, besoknya lagi kata dokter ada flek di paru2 dan diberi antibiotik dosis tinggi tapi tetap saja suhu badannya semakin tinggi mencapai 41 drjt. *

*Saya sangat khawatir dan saya coba utk mencari informasi tentang KD ini, kemudian saya telp ke dokter lain.*

*Dokter itu blg ini ciri2 KD dan ketika saya bilang ke dokter anak saya bahwa ini KD tetapi dia masih belum yakin, pada waktu itu sudah hari ke 10 anak saya sakit dan di telapak kaki & tangan sudah mengelupas kulitnya terus diambil darah lagi dan dokter itu baru yakin kalo Grace mengidap KD karena trombosit naik mencapai 550rb (normal 200rb).*

*Saya sangat kecewa dgn dokter tersebut yang menurut saya dia tidak berpengalaman pdhal dia bilang dia sudah pernah menangani anak yg mengidap KD. Saya disuruh membeli obat namanya Gamma Immune seharga 3,5jt/botol dimana Grace memerlukan 10 botol.*

*Hari itu juga saya membeli dan diberikan kpd Grace (diinfus), akhirnya panasnya baru turun.*

*Setelah itu 2 hr diinfus dgn obat tersebut, Grace diperbolehkan pulang. *
*Tetapi setelah 2 hari di rumah,Grace mengidap serangan jantung. *
*Saya langsung bawa dia ke RSJ Hrp Kita dan dokter blg dia terserang serangan jantung dan koroner jantungnya membengkak mencapai 11 mm (normal 2mm) dimana penyakit ini biasanya menyerang org dewasa n dia pertama kali menangani anak kecil spt Grace.*
*Dia diopname di RSJ HK selama 2 mgg dan sampai skg koroner jtgnya msh membengkak dan dokter bilang akan memakan waktu cukup lama (mungkin sampai dewasa) koroner tersebut baru bisa normal. *

*Sebenarnya jika dokter tsb bisa lebih cepat mendiagnosa KD itu dan diberi obat secepatnya, koroner jantungnya Grace tidak akan membengkak spt ini.*

*Penyakit ini memang mengakibatkan kerusakan pada koroner jantung jika terlambat diberikan obat tsb.* Mungkin ibu2/bpk2 sudah membaca cerita saya ini sebelumnya, saya pernah mengirim email seperti ini tahun lalu dan saya banyak mendapatkan tanggapan hingga akhirnya saya menemukan dokter yang benar2 ahli KD, namanya Dr. Najib Advani.*

*Pd wkt dirawat di RSJ, banyak sekali wartawan2 media TV dtg kesana untuk mewawancarai kami.* Kami pernah ada di Kompas & berita2 di TV juga.*

*Penyakit ini menyerang anak2 balita terutama laki2 dan sy harap kalian semua dpt memperhatikan anak2nya yg dimana ciri2 KD sbb :*
*1. **Panas tinggi (38-41 derajat) selama berhari2*
*2. **Bercak2 merah seluruh badan, lidah & mata merah*
*3. **Ada pembengkakan di belakang telinga*
*4. **Infeksi saluran kencing*
*5. **Flek di paru2*
*6. **Trombosit naik (bisa mencapai 1jt)*
*7. **Pengelupasan kulit jari tangan & kaki (pd hari ke 10)*

*Banyak dokter anak yang belum begitu mengetahui tentang penyakit ini, saya sering mendapatkan telp dari ortu2 yang anaknya mengidap KD dan dokternya tidak mengetahui KD itu dan saya sarankan utk ke Dr. Najib (ahli jantung anak).*

*Dia praktek di RSCM, Bintaro, RSIB Harapan Kita & Siloam Gleneagles.*

*Kondisi Grace sekarang dia masih harus minum obat pengencer darah setiap hari, test darah setiap 2-3 mgg karena darahnya tidak boleh mengental (bisa terjadi penyumbatan), tidak boleh terlalu capek (olahraga).*


*Kondisi sekarang dia sudah mulai stabil dan tidak ada keluhan meskipun masih ada pembengkakan di koronernya.*Saya harap informasi ini dapat berguna bagi semua serta dapat diberitahukan kepada ortu2 lain*

*Semoga dapat dijadikan perhatiannya bagi seluruh anak Indonesia.*

No comments: