Wednesday 10 October 2007

Sejarah Milis Dikmenjur

Sejarah Milis Dikmenjur
Ditulis Oleh Ir. Wahyu Purnomo, MT
Thursday, 04 October 2007
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan SMK, salah satu infra struktur yang diperlukan adalah sarana komunikasi yang efisien dan efektif. Dr.Ir. Gatot Hari Priowirjanto , Direktur Dikmenjur waktu itu menggagas sebuah mailing list, maka disetuplah Milis Dikmenjur pada tanggal 5 Oktober 1999 dengan alamat mailto:alamatdikmenjur@egroups.com

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya, sebagai moderator pertama adalah wahyuPur .
Dengan member awal adalah SMKN 6 Jakarta serta SMKN 1 Makasar serta beberapa P3G, milis ini terus berkembang, tahun kedua sudah mencapai 3000-an, dan sekarang 5000 lebih member, dari para Guru, Dosen, WI, Pakar dan Praktisi IT serta banyak lagi, dari sabang hingga papua.

Saat ini Dikmenjur menjadi Direktorat Pembinaan SMK dengan Direktur Bapak Dr. Joko Sutrisno, yang saat menjadi Staf Ahli Seameo Voctech Brunei Darrussalam -juga member milis dikmenjur, pada ultah tahun 1 milis dikmenjur memberi 'hadiah' pelatihan ke Brunei Darusalam bagi salah satu moderator milis dikmenjur. Sehingga Ulah tahun 1 milis dikmenjur ditandai dengan kopi darat para aktifisnya di VEDC Malang pada November 2000. Aktifis dari berbagai daerah yang hanya bertemu di milis saat itu langsung bisa bertatap muka dan saling kenal pada kopi darat dalam sebuah Pelatihan Multimedia.

Saat ini milis Dikmenjur sudah menjadi milis yg tidak hanya untuk pendidikan kejuruan, dengan alamat email dikmenjur@yahoogroups.com

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya dan web alamat webhttp://groups.yahoo.com/group/dikmenjur
Berikut ini ditulis langsung oleh pelaku "sejarah" PakMajid :
-------------------------------------------------------------------------------------
Kalau dilihat kilas balik milis kita ini sudah 8 tahun ngak terasa, masih segar dalam ingatan kami, pak wahyu datang ke SMK 6 Jkt,terus membertahukan Dikmenjur sudah punya milis, langsung kami daftar sehingga kami berada di posisi 2 atau 3 dalam pendaftaran di milisDan atas support dari Pak Wahyu saat itu ke SMK 6 sampai saat ini kami tetap eksis dalam pengembangan TI, dan sekarang dengan adanyapertemuan di Malang bulan Nopember kami sangat mendukung, Insya Allah kami bisa menghadirinya.Terus masih segar juga dalam ingatan kami yang mungkin sampai saat ini tidak bisa kami melupakan pada bulan Nopember 2000 ada workhsop Multimediadi diadakan VEDC Malang dan SEAMEO VOCTEC Brunai , dan ini merupakan workshop yang dihadiri sejumlah Aktivis TI yang sampai saat ini masih tetapeksis diantara teman tersebut yang masih kami ingat adalah :

1. Mas Khalid ( Nick name Nugie ) mungkin semua sudah kenal, tapi kalau nama nugie masih banyak yang belum tau, mas khalid dulu kalau komputernya tidakbisa dioperasikan di gebrak-gebrak dulu baru bisa, Untuk mas khalid ini dari dulu sampai sekarang masih sama tidak ada perubahan yaitu masih sendiri saja belum ada pendamping ( alias maried)

2. Mas Kwarta, mungkin ini juga sudah kenal semua,kami secara pribadi banyak belajar dari Mas kwarta ini terutama dalam pengelolaan Multimedia.

3. Mang Bona ( nick name gemblung) , kayaknya ini juga sudah kenal semua, apalagi yang banyak berhubungan dgn Wireless, termasuk yang aktip sebelum berubah halaun menjadi wiraswasta,.....

4. Dari Bandung ada Pak Made ( VEDC Bandung ) ini teman di waktu LKS Jakarta, Pak Purwanto (kemaren kayaknya udah nyahut ), Pak Gun ( ini orang Dikmenti Jabar ) serta Kang Asep ( tukan sulap hehehehh ), ada satu lagi yang dulu sangat aktif mang Dodo ( Ciamis , Gimana kabar Mang ...)

5. Dari Makassar selain Mas Khalid ada Mas Tope ( ini jagoan di pariwisata) , terus Bu zainab atau Bu zubaidah saya agak lupa namanya, tapi yg pernah saya dengar udah jadi Kepsek dan satu lagi Bapak yg kalem tapi tekun belajarnya Bpk Esa ( sekarang jadi Kepsek Indonesia di Syiria )

6. Dari Surubaya ada Bu Rintis Jona ( Dikmenti Jatim ) dan Mas Jarwanto ( gimana kabar nya udah selesai S2 ) serta dari Palembang ada Bpk Junaedi ( Dikmenti Sumsel , kapan lagi ke Prabumuli pak. ).

7, Kalau dari Jakarta selain Mang Bona ( jawis), kami sendiri Pak Majid (SMK 6 Jkt), Bpk Rahman ( BPK Penabur) dan Bpk Hasmi ( Bunda Kandung )Pada acara workshop tersebut dihadiri Kepala SEAMEO dari Brunai, Bapak Gatot HP (terima kasih pak atas nasihatnya) dan dari Kepala VEDC, serta satu lagiBapak Heru ( Sekolah 2000 atau APJII , bapak ini sekarang dimana yaa)Mungkin ini yang masih kami ingat, teman yang lain bisa bantu, gimana acara nanti ke malang ..Ini mungkin sedikit memoar yang bisa saya sharing ke teman semuanya, yah sekedar bagi pengalamanSekian dan terima kasihabd majidsmk 6 jkt
-------------------------------------------------------
di wikimedia, juga bisa dibaca tercatat sebagai milis terbesar untukpendidikan:
September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB, karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3) sehingga memperoleh bandwidth 1.5Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke TelkomNet & IIX sebesar 2Mbps. ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting dalam jaringan pendidikan di Indonesia yang menamakan dirinya AI3 Indonesia yang mengkaitkan 25+ lembaga pendidikan di Indonesia di tahun 1997-1998-an.
Jaringan pendidikan ini bukan hanya monopoly ITB saja, jaringan pendidikan lain yang lebih besar lagi adalah jaringan SMK yang dibawahi DIKMENJUR (dikmenjur@egroups.com

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya. Di tahun 2006, praktis ada lebih dari 4000 sekolah di Indonesia yang tersambung ke Internet sebagian besar adalah SMK.

No comments: